Menghilangkan Bekas Cacar Secara Alami


Cacar termasuk jenis penyakit kulit yang bisa menyebar ke seluruh tubuh, termasuk pada wajah dan kepala. Kondisi ini sangat mudah ditemui pada anak-anak, namun bisa juga terjadi pada orang dewasa dengan gejala yang lebih berat.
Meskipun secara umum cacar ini bisa hilang dengan sendirinya, namun pada sejumlah kasus bisa meninggalkan bekas yang sulit untuk dihilangkan. Tak ayal, hal ini akan menimbulkan keresahan, utamanya bagi para wanita.

MENGHILANGKAN BEKAS CACAR SECARA ALAMI

Nah, sebagai langkah untuk menghilangkan bekas cacar ataupun mencegah terbentuknya bekas cacar lebih dini, ada sejumlah cara alami yang bisa kamu coba terapkan. Metodenya terbilang mudah karena memanfaatkan bahan-bahan alami yang sering dijumpai di sekitar. Apa sajakah itu?

Jagung Manis

Jagung manis memiliki kandungan air yang membantu untuk mempercepat proses regenerasi pada kulit sehingga sel-sel kulit mati yang menumpuk pada bekas cacar itu bisa terangkat dengan sempurna. Untuk penggunaannya, cukup mudah yaitu:
·         Pilih jenis jagung manis yang masih muda.
·         Haluskan jagung manis tersebut dengan cara diparut.
·         Oleskan langsung ke area kulit yang memiliki bekas cacar kemudian diamkan selama 15-30 menit hingga meresap ke dalam kulit.
·         Terakhir, cuci dengan air bersih.

Lidah Buaya

Sudah bukan rahasia lagi bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Hal ini tidak terlepas dari kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga sangat baik dalam menjaga peremajaan kulit. Untuk mengatasi bekas cacar, kamu bisa memanfaatkan lidah buaya dengan cara berikut:
·         Ambil beberapa lembar lidah buaaya.
·         Kupas bagian kulitnya hingga mengeluarkan cairan berbentuk gel.
·         Aplikasikan gel tersebut ke area yang memiliki bekas cacar dan diamkan selama 15-30 menit. Selama penggunaan gel ini, kamu akan merasakan sensasi yang dingin dan segar.
·         Terakhir, cuci menggunakan air hangat.

Kacang Hijau

Kacang hijau bisa juga dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas cacar secara alami. Sama halnya dengan lidah buaya, kacang hijau juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk merangsang regenerasi kulit. Untuk membuat ramuan ini, ikuti langkah berikut:
·         Rendam terlebih dahulu kacang hijau di dalam air selama 8 jam.
·         Ambil kacang hijau tersebut kemudian tumbuk hingga halus.
·         Campurkan sedikit air dan aduk hingga teksturnya berubah menjadi adonan pasta.
·         Terapkan ke bagian kulitmu yang memiliki bekas cacar pada malam hari sebelum tidur dan biarkan hingga mengering atau hingga keesokan harinya.
·         Terakhir, bilas menggunakan air bersih.

Mengkudu

Dibalik aorma mengkudu yang kurang sedap, terdapat sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mengatasi bekas cacar. Lewat kandungan senyawa antrakuinon dan skopoletin, mengkudu mampu menjadi agen anti bakteri dan anti jamur yang alami.
Namun berbeda dengan beberapa metode sebelumnya yang melakukan perawatan eksternal, kini kita akan mencoba perawatan internal atau dari dalam. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa melakukan dengan cara berikut:
·         Siapkan buah mengkudu yang matang.
·         Blender buah mengkudu tersebut hingga halus.
·         Konsumsilah jus mengkudu ini 3 kali seminggu.
·         Sebagai catatan, jangan menambahkan zat apapun ke dalam jus mengkudu ini, baik itu gula ataupun madu.

Madu

Banyak yang mengatakan bahwa madu adalah obat dari seribu penyakit, dan hal itu tampaknya benar. Dari begitu banyak manfaat yang dimiliki oleh madu, adalah kemampuan mendinginkan dan merangsang pertumbuhan kulit baru yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bekas cacar.
Caranya sangatlah mudah, yaitu dengan mengoleskan madu langsung ke area kulit yang memiliki bekas cacar. Setelah meresap, cuci dengan air bersih. Untuk hasil yang optimal, penggunaan madu haruslah yang benar-benar murni, bukan madu yang berbentuk kemasan.
***
Nah, itulah beberapa tips untuk menghilangkan bekas cacar secara alami yang bisa kamu coba di rumah. Dengan pemakaian yang teratur, kamu sudah bisa melihat hasilnya dalam hitungan beberapa hari saja. Jadi, selamat mencoba!

Artikel Terkait