Kenali Perbedaan Gejala Sinusitis Dengan Gejala Flu Biasa

Tags

Apa Itu Sinusitis?

Secara umum sinusitis atau lebih dikenal dengan gejala sinus adalah kondisi dimana terjadi radang di sekitar hidung, dikarenakan infeksi dan pembengkakan akibat adanya penyumbatan.


Perbedaan Sinusitis dengan Flu Biasa

Sinusitis berbeda dengan pilek biasa, pada kasus flu biasa biasanya didahului dengan sakit tenggorokan, kemudian diikuti hidung berair, hidung tersumbat, sering bersin dan batuk. Pada beberapa kasus akan diikuti dengan demam, namun flu akan hilang setelah 3-5 hari.

Sedangkan gejala pada sinusitis ialah, sakit tenggorokan, batuk, pusing, hidung tersumbat, bersin-bersin, hidung keluar air diikuti dengan bengkak pada rongga hidung dan demam.

Penyebab Sinusitis

Secara umum sinusitis disebabkan karena bakteri yang masuk melalui lubang gigi, alergi, polusi ataupun polip pada hidung.

Selain beberapa hal tersebut, sinusitis juga sering terjadi setelah Anda terkena flu. Atau setelah kontak dengan alergen (penderita sinusitis) seperti makanan, minuman. Sedang sinusitis kronis dapat disebabkan oleh sinus sempit bawaan atau sinus yang terlalu kering.

Pengobatan Sinusitis Secara Alami

Ada beberapa pengobatan sinusitis secara alami, yang bisa anda praktekkan di rumah, diantaranya:

- Menghirup Uap Air
Siapkan air panas di mangkuk besar dan hiruplah uap yang keluar dari air panas tersebut.
Hal ini akan memberi sedikit kelegaan untuk jalan napas Anda.

- Membersihkan Saluran Hidung
Siapkan air garam hangat dalam wadah, kemudian gunakan untuk membersihkan hidung Anda, dengan cara menghirup air seperti berwudlu.

- Mengkompres Area Hidung Dengan Air Hangat
Siapkan washlap atau handuk kecil dan air hangat, kemudian kompreslah pada bagian sekitar hidung Anda.

- Tidur Dengan Kepala Agak Diangkat
Untuk mengurangi jumlah tekanan di sekitar sinus dan mengurangi ketidaknyamanan akibat rasa sakit. Anda dapat menggunakan bantal yang lebih tinggi dari biasanya untuk menopang kepala Anda ketika tidur.

Artikel Terkait