Beberapa Cara Mudah Mencegah Penyakit Usus Buntu

Tags

Beberapa Cara Mudah Mencegah Penyakit Usus Buntu – Seringakali kita mendengar penyakit radang usus buntu yang berakhir dengan jalan operasi. Penyakit satu ini memang bisa disembuhkan dengan operasi namun tidak semua orang menghendaki proses tersebut. maka dari itu sebelum terlanjur parah ada baiknya untuk mencegan radang usus buntu sedini mungkin. Banyak cara yang bisa anda coba untuk mencegah usus buntu. Salah satunya dengan melancarkan organ pencernaan. Pasalnya organ pencernaan yang lancar erat kaitannya dengan kesehatan usus buntu.

Pencernaan yang tidak lancar akan menyebabkan penumpukan kotoran di area usus buntu. Hal ini akan membuat risikonya semakin besar. jika sudah terlanjur parah akan menyebabkan radang. Gejala usus buntu ditandai dengan rasa sakit di area perut kanan bawah. Selain itu susah buang air besar dan kerap mengalami kembung juga menjadi tanda kuat penyakit satu ini. Agar tidak sampai parah, anda mesti tahu apa saja cara mencegah penyakit usus buntu. Berikut ulasan selengkapnya yang bisa anda ketahui.

Cara Mudah Mencegah Penyakit Usus Buntu


1. Konsumsi makanan tinggi serat

Makanan kaya serat bermanfaat melancarkan pencernaan. Efeknya sistem pembuangan menjadi lebih lancar. Pasalnya pencernaan yang tidak lancar akan membuat feses menumpuk dan mengakibatkan penyumbatan. Hal ini akan membuat risiko usus buntu menjadi besar. anda mesti rajin mengonsumsi makanan kaya serat seperti sereal, tomat, kubis, aneka sayuran hijau, buah-buahan, dsb secara teratur.

2. Jangan menahan buang air besar

Jangan biasakan diri untuk menahan buang air besar. pasalnya jika ditahan terus menerus akan membuat feses menumpuk dan mengeras. Hal ini akan meningkatkan risiko usus buntu dan peradangan. Menahan buang gas juga menjadi sebab terjadinya usus buntu. Pasalnya proses pembuangan menjadi tidak lancar dan menyebabkan penumpukan yang menjadi penyebab utama usus buntu.

3. Banyak mengonsumsi air putih

Selain menghidrasi tubuh, air putih juga berfungsi melancarkan pencernaan. Radang usus buntu pun mampu diminimalisir dengan rajin mengonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Untuk anda yang bekerja dengan posisi duduk berjam-jam, konsumsi air putih secara cukup sangat membantu untuk meminimalisir risiko usus buntu. Biasakan diri mulai sekarang untuk rajin mengonsumsi air putih.

4. Kenali gejala awal usus buntu

Pahami apa saja gejala awal usus buntu agar segera mendapatkan penanganan. Gejala awal usus buntu salah satunya bengkak, kembung, dan sakit pada area perut sebelah kanan bawah. Jika hal tersebut sering anda rasakan dalam waktu yang intens maka segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter. Jika usus buntu sudah dalam tahapan parah dan meradang maka jalan satu-satunya adalah melakukan tindakan operasi.

Demikianlah berbagai cara mudah untuk mencegah penyakit usus buntu. Semoga bermanfaat dan membantu anda menambah informasi seputar pencegahan penyakit usus buntu.

Artikel Terkait