8 Tips Cara Menjaga dan Merawat Wajah Berjerawat Dengan Efektif

Tags

8 Tips Menjaga dan Merawat Wajah Berjerawat

1. Temukan Produk Skincare Yang Cocok

Ketika wajah tampak berminyak dan muncul jerawat, maka salah satu cara untuk menjaga dan merawatnya ialah menemukan skincare (pembersih kulit ) yang sesuai dengan jenis kulit.
Ada baiknya memilih produk yang dapat menjaga dan menyeimbangkan produksi minyak wajah sehingga jerawat tidak menempel serta kulit kusam. Namun sebelum memilih paket perawatan, tak ada salahnya agar berkonsultasi dulu pada ahli dermatologi (dokter kulit).

2. Membersihkan Kulit Wajah Sebelum Pergi Tidur

Ritual yang wajib sebelum berangkat tidur ialah membersihkan sisa makeup atau sekadar membersihkan wajah usai beraktivitas seharian di luar. Biasanya wajah kotor akan menganggu proses regenerasi sel kulit dan menyumbat pori-pori sehingga rawan timbul jerawat.
Kamu dapat membersihkannya menggunakan toner  dan milk cleanser  yang ringan untuk wajah. Namun untuk jenis kulit sensitif dapat menggantinya menggunakan bahan alami seperti madu dan cuka apel.

Caranya Bersihkan dulu muka menggunakan  kapas lembut, bukan tissu basah. Kebanyakan orang menganggap bahwa tissu basah ialah alat yang tepat untuk membuang segala jenis kotoran di wajah.
Meski terkesan lebih praktis, tissu basah pada dasarnya tak dianjurkan untuk membersihkan area muka. Jika dilakukan secara terus menerus, maka bisa menyebabkan iritasi berkepanjangan. Jadi alangkah baiknya tetap mengutamakan produk khusus wajah.

3. Jangan Pernah Memencet, Menyentuh, Apalagi Mengelap Wajah Menggunakan Tangan

Sebelum menyentuh area muka, maka wajib mencuci tangan terlebih dahulu supaya bakteri yang menempel di sela-sela jari tak berpindah ke wajah dan menyebabkan jerawat.
Selain itu, juga tak diperkenankan untuk memencet jerawat karena akibatnya sangat buruk. Jerawat yang dipencet secara paksa biasanya berujung pada radang kemerahan, meninggalkan bopeng, dan butuh waktu bertahun-tahun untuk menghilangkannya.

Tidak hanya itu saja, untuk mengurangi produksi minyak pada wajah sebaiknya selalu sedia kertas minyak yang bisa dibeli di toko makeup. Menggunakan kertas minyak wajah akan membuat permukaan kulit tidak terlihat kusam dan senantiasa terjaga kelembapannya.

4. Hindari Gorengan  dan Cokelat 

Cokelat yang beredar sekarang  ini memang diketahui bukan full cokelat yang hanya berkomposisikan kakao, melainkan setengahnya diisi dengan gula, sehingga tak kaget lagi kalau rasa cokelat sangatlah manis.

Gula yang terlalu banyak masuk ke dalam tubuh akan melemahkan fungsi kolagen, sehingga mengakibatkan kulit tampak lebih kusam dari sebelumnya.

Begitu pula dengan gorengan yang mempunyai  kadar lemak trans cukup tinggi, sehingga mengganggu pembentukan sel kulit baru. Akibatnya, wajah yang berminyak dan berjerawat akan lebih parah lagi jika kurang memerhatikan asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama kulit.

5. Tidur Berkualitas (cukup)

Kualitas tidur sangat berpengaruh pada kesehatan kulit seseorang. Ketika waktu tidur berkurang,maka secara tak langsung tubuh dipaksa untuk memproduksi insulin lebih banyak dan inilah yang dapat menyebabkan produksi minyak terus bertambah sehingga  wajah berubah jadi kusam, memicu timbulnya jerawat dan penuaan dini.

Jadi, alangkah baiknya hindari begadang dan selalu menjaga kualitas tidur dengan dengan cara menghentikan aktivitas apa pun di atas pukul 22.00 malam.

Namun apabila jerawat sudah terlanjur muncul, maka langkah pertama yang mesti diterapkan ialah mengompresnya menggunakan es atau memberikan sedikit olesan minyak zaitun/ extra-virgin oil, atau minyak bulus. Gunakan bahan-bahan yang dapat mencegah peradangan dan dapat mengontrol kulit minyak wajah.

6. Gunakan Masker Alami Karena Lebih Aman

Bagian penting dalam  menjaga dan merawat wajah berjerawat dan menghasilkan kulit putih secara bersamaan yaitu dengan menggunakan  masker alami sebagai paket perawatan wajib.

Masker yang biasa direkomendasikan ialah terbuat dari kayu manis,  madu, , strawberry, dan bahan sejenis lainnya.

Bahan tersebut bahkan sanggup  membuat kulit tampak lebih putih dan menjaga tingkat kecerahan kulit jika dimanfaatkan dengan benar.

Di sisi lain, masker buatan sendiri tak menimbulkan banyak efek samping dalam mengurangi jumlah produksi minyak kulit wajah. Selain itu juga bekerja lebih baik dalam membasmi bakteri yang dapat membuat jerawat pada wajah kian menjadi parah.

7. Menggunakan Air Hangat

Apabila dibandingkan dengan menggunakan air dingin, ada baiknya mencoba untuk mencuci  wajah menggunakan air hangat suam-suam kuku. Air hangat sangat baik untuk mengurangi minyak  dan mencuci wajah  berlebihpada kulit.

Selain itu, air hangat juga dapat  membuat kulit lebih cerah, kenyal, serta lembab. Usai mandi dengan air hangat, cobalah untuk mengaplikasikan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit.

Namun, jika memilih perawatan memakai air dingin pun tak masalah, hanya saja dikombinasikan dengan bahan  lainnya yang bersifat kaya kolagen dan antioksidan  yang cukup untuk melindungi kulit dari kusam, serta produksi minyak masih dapat dikendalikan.

8. Terapkan Penggunaan Serum

Mulai mengaplikasikan serum juga ialah  salah satu langkah tepat untuk mengembalikan keadaan kulit seperti semula. Ekstrak tumbuhan yang digunakan dalam serum biasanya mempunyai khasiat ampuh dalam menjaga warna kulit supaya tetap bercahaya,  putih merata, dan cepat mengempiskan benjolan jerawat.

Cara paling tepat menggunakan serum ialah usai mencuci muka  atau mandi . Setelah meneteskan serum kemudian meratakannya ke seluruh permukaan wajah, barulah mulai menggunakan perawatan lain seperti pelembab, memakai krim, atau sejenisnya.

Jangan lupa untuk memberikan sensasi pijat ringan dengan gerakan dari bawah ke atas. Hindari bagian wajah yang terkena jerawat karena kalau tersenggol tentu akan menyebabkan sakit juga kemerahan.

Artikel Terkait