Cara Mengobati Penyakit Kutu Air Secara Alami

Tags

Cara Mudah Mengatasi Kutu Air Secara Alami – Kutu air merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang muncul di sela-sela tangan atau kaki. Penyebab terbesarnya adalah jamur dan bakteri. Biasanya air yang terkontaminasi dengan jamur dan bakteri seperti air banjir, limbah, dsb menjadi sarang kutu air. Jenis penyakit kulit ini bisa anda atasi secara alami. Anda memerlukan bahan-bahan yang memiliki sifat anti bakteri seperti garam dapur, tea tree oil, hingga bawang putih. mengatasi kutu air pun cukup mudah dengan bahan-bahan alami ini.

cara mengobati kutu air
Kandungan anti jamur dan bakterinya sangat efektif meredakan kutu air tanpa efeksamping. Proses pengobatannya pun lebih cepat dan tidak meninggalkan bekas. Selain itu bahan-bahan alami ini pun mudah ditemukan disekitar kita. Selain menggunakan bahan-bahan alami, anda pun wajib menjaga kebersihan diri dan lingkungan untuk memaksimalkan pengobatan. Berikut cara alami untuk mengatasi kutu air yang bisa anda coba.

Berbagai Cara Alami Mengatasi Kutu Air 


1. Garam dapur

Garam memiliki sifat anti bakteri alami yang efektif untuk meredakan kutu air dan menghilangkan gatal-gatal. Rendam kaki yang terkena kutu air dengan air campuran air hangat dan garam selama 20 menit. Lakukan secara rutin. Jamur penyebab kutu air akan hilang secara alami. selain untuk obat kutu air, campuran garam ini juga bermanfaat mengatasi masalah mulut seperti sakit gigi, sariawan, bau mulut, dsb.

2. Tea tree oil

Kandungan anti bakteri dan anti kuman pada minyak pohon teh sangat efektif untuk mengatasi jamur dan bakteri penyebab kutu air. antioksidan yang ada di minyak pohon teh juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Oleskan tea tree oil secukupnya di area kulit yang telah dibersihkan. diamkan beberapa saat sampai meresap. Lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

3. Soda kue

Soda kue juga memiliki sifat antiseptik yang baik untuk membunuh kuman dan jamur penyebab kutu air. campurkan 2 sendok makan soda kue ke dalam air hangat secukupnya. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk merendam kaki yang terkena kutu air. diamkan selama 20 menit. Lakukan perawatan tersebut secara rutin. Hasilnya kulit menjadi lebih halus tanpa masalah kutu air.

4. Bawang putih

Kandungan minyak astiri dan allicinnya bermanfaat sebagai antiseptik dan anti bakteri alaminya. Kedua nutrisi tersebut mampu meredam gatal yang disebabkan karena kutu air. tumbuk satu siung bawang putih kemudian tempelkan di area kaki. Setelah itu balut dengan kain perban agar tumbukan menempel sempurna. Biarkan selama 6 jam agar jamur cepat mati. Namun metode satu ini tidak disarankan untuk pemilik kulit sensitif.

5. Singkong

Siapa sangka singkong ternyata ampuh mengatasi kutu air. Kandungan sianida yang ada di dalam singkong efektif membunuh jamur penyebab kutu air. meskipun mengandung sianida namun kadarnya aman jika dikonsumsi. Templekan parutan singkong ke area kulit yang terkena kutu air. biarkan sampai mengering agar kandungan sianidanya meresap ke kulit. Setelah itu basuh dengan air dingin dan lakukan secara teratur.

Demikianlah berbagai cara alami untuk mengobati kutu air. selain itu jaga kebersihan diri dan lingkungan agar pengobatan lebih cepat.

Artikel Terkait