10 Usaha Jasa Rental atau Sewa yang Menjanjikan

updateinformasi.web.id - Ulasan bisnis dan usaha kali ini saya akan membahas beberapa macam usaha jasa rental  atau bisa disebut juga jasa penyewaan, membuka sebuah jasa ini tentu sangat menguntungkan dan menjanjikan karena banyak dibutuhkan oleh masyarakat indonesia dengan penduduk yang banyak.

Banyak orang-orang mulai membuka bisnis dan usaha sendiri untuk menambahkan penghasilan, bahkan usaha ini bisa jadi sumber penghasilan utama. Contoh bisnisnya ya seperti yang satu ini, bisnis jasa rental atau penyewaan peralatan.  Dilihat dari peluang untuk mendapatkan keuntungan yang cukup besar, memang bisa didapatkan dari bisinis jasa rental dan penyewaan.

Kenapa usaha jasa rental ini bisa menguntungkan dengan profit yang lumayan besar ? Mari kita berpikir sejenak, tidak semua masyarakat di indonenesia ini memiliki peralatan yang lengkap, contohnya tenda untuk camping. Bila dibandingkan membeli dan memelihara peralatan baru dengan pengeluaran biaya yang cukup banyak, dan peralatan tersebut hanya dipakai sementara saja, orang-orang akan lebih memilih untuk menyewa barang tersebut.

Usaha Jasa Rental atau Sewa yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Usaha jasa rental ini bisa jadi pilihan bisnis kamu yang ingin mendapatkan penghasilan lebih. Akan tetapi, untuk memulainya dibutuhkan modal awal yang lumayan tinggi ( bisa disesuaikan dengan budget yang kamu miliki), modal awal ini untuk membeli dan mengumpulkan barang yang akan di rentalkan.

Sebagai contoh apabila kamu akan membuka usaha rental mobil, maka minimal kamu memiliki beberapa mobil untuk disewakan.

Nah, bagi kamu yang sedang mencari ide jasa rental, saya akan membagikan macam-macam usaha jasa rental yang bisa kamu praktekan. Ayo, lihat peluang usaha dibidang jasa rental berikut.

Berikut 10 pilihan usaha jasa rental atau sewa yang menguntungkan dan menjanjikan


1. Jasa Rental Mobil

Jasa rental mobil merupakan usaha rental yang banyak saat ini, dengan omset yang besar para pembisnis yang  mempunyai modal besar mulai membuka penyewaan mobil. Rental mobil ini biasanya dijadwalkan selama waktu 24 jam dengan harga kisaran Rp.350.000 / hari. Tidak semua harga sewa mobil sama, tergantung dari jenis dan kualitas mobil tersebut.

2. Rental BUS Pariwisata

Bukan hanya mobil pribadi saja yang bisa di rentalkan, BUS juga bisa di rentalkan dan sekaligus dengan sopir nya untuk menememani keluarga atau kelompok tertentu yang akan berwisata. Namun, untuk membuka rental BUS ini harus merogoh modal awal yang sangat besar, dikarenakan harga BUS yang mahal bisa mencapai ratusan juta - 1 miliar.

3. Penyewaan Peralatan Camping

Kebanyakan orang menggunakan tenda untuk berkemah beberapa setahun sekali, sehingga mereka lebih memilih untuk menyewa peralatan camping setiap kali mereka membutuhkannya, karena biaya untuk perlatan camping yang bagus dan lengkap bisa jutaan.

4. Sewa Tenda

Tenda adalah salah satu peralatan yang sering dan banyak dibutuhkan masyarakat, banyak jenis tenda yang bisa kamu sewakan seperti tenda untuk pesta pernikahan, acara peresmian, acara pemerintahan, acara sekolah acara selamatan, acara kantor dan acara lainnya.

5. Sewa Tanaman Hias

Bisnis sewa tenda ini sebenarnya bisa digabungkan dengan sewa tenda, karna sasaranya sama yaitu acara-acara lembaga yang sudah saya sebutkan diatas. Untuk memeriahkan acara biasanya dibutuhkan tanaman hias untuk menata dan mempercantik suasana, saya rasa bisnis yang satu ini masih belum terlalu bayak pesaing jika dibandingkan dengan jasa rental mobil, makanya peluang penyewaan ini masih terbuka lebar.

6. Rental Alat Musik

Jasa penyewaan alat musik dapat memberikan bantuan untuk musisi dan band-band menengah seperti anak sekolahan atau pelajar yang membutuhkan peralatan musik band, biasanya para pelajar belum mampu untuk membeli alat musik sendiri. Nah, jika kamu berpikir ada peluang yang besar untuk layanan sewa alat musik di wilayah kamu, bisa kamu coba buka tempat rental musik ini dirumah.

7. Sewa Genset

Genset merupakan kebutuhan penting untuk menjalankan arus listrik dengan tenaga diesel. Genset sangat di butuhkan oleh banyak orang untuk berbagai acara seperti konser musik, acara sekolahan, acara pernikahan dan lainnya. Untuk harga rental cukup bervariasi,  harga sewa tergantung besar kecilnya listrik yang di hasilkan genset.

8. Warnet dan Game Online

Siapa sangka rental warnet dan game online tidak bisa beromset besar, nyatanya banyak pengusaha warnet  atau game online bisa mengantongi keuntungan hingga jutaan rupiah per harinya. Namun, semua usaha itu harus dilakukan secara bertahap dan terus konsisten , dibarengi dengan terus berinfovasi dengan ide-ide kreatif yang bisa membangun bisnis rental warnet.

Misalnya menambah kapasitas tempat dan unit komputer agar bisa menampung lebih banyak konsumen, selain itu kamu juga harus mencari tempat yang strategis, contohnya lokasi yang dekat dengan sekolah.

9. Sewa Pakaian ( Fashion )

Bisnis yang satu ini bisa jadi pilihan terbaik, karena biaya yang  cukup murah dan termasuk dalam kategori UKM. Bisnis sewa pakaian ini umumnya dijalani oleh  pemilik Salon, karena bisnis ini biasanya berdampingan.

Namun tidak perlu ragu untuk mulai membuka usaha pakaian tanpa membuka salon,  kamu juga bisa hanya membuka usaha sewa pakaian saja, tak jarang orang-orang tidak memiliki pakaian yang layak untuk menghadiri sebuah acara seperti , acara pernikahan, foro pre-weding, kebudayaan, pertemuan resmi dan lain-lain.

10. Sewa Kamera

Mungkin diantara bisnis lainya yang sudah saya sebutkan diatas, bisnis penyewaan kamera ini yang cukup menjanjikan, semakin banyak nya para remaja yang hobi dalam dunia fotografi, namun belum mempunyai kamera yang berkelas seperti kamera DSLR.

Selain karena hoby kamera juga merupakan kebutuhan penting di zaman modern ini, ya pastinya untuk mengabadikan momentum seperti acara pernikahan, wisuda, wisata dan masih banyak lainya. Nah, membuka bisnis sewa kamera adalah solusi untuk membantu kebutuhan mereka . Modalnya pun relatif, tidak terlalu besar  jika dibandingkan dengan bisnis sewa mobil.

Sebagai contoh, 1 harga DSLR umumny berkisar Rp 3 - 5 jutaan. Maka Untuk dana 15 juta,  sudah bisa membeli sekitar 3-5 unit kamera DSLR. Untuk harga sewa  umumnya adalah Rp.100.000 / hari.  Jika dalam waktu satu bulan ada 15 kali sewa, maka penghasilan yang didapat bisa 1,5 juta. Bisnis yang cukup potensial dengan modal yang tidak terlalu banyak namun keuntungan dan modal cepat balik.

Oke, hanya beberapa macam usaha jasa rental atau sewa yang bisa saya sebutkan di artikel ulasan bisnis ini. Untuk ulasan lebih detail dari jasa rental diatas mungkin akan saya ulas satu persatu di artikel berikutnya. Sebenarnya masih banyak jenis usaha rental yang lebih menguntungkan dengan modal yang relatif murah, namun saya tidak bisa mengulas semua dalam artikel ini, jika teman-teman punya ide dan usulan yang lebih baik bisa kasih tau dengan cara berkomentar, sekian.

Artikel Terkait