7 Persiapan Penting Saat Berkemah di Pegunungan

updateinformasi.web.id - Saat musim panas, banyak para traveler lebih memilih untuk piknik dan berkemah di daerah pegunungan.  Nah, sebelum melakukan berkemah ke pegunungan, pahami dulu apa tujuannya berkemah, apakah sekedar rekreasi atau berkemah dengan banyak acara kegiatan. Setelah merencanakan semuanya baru lakukan persiapan barang dan kebutuhan penting yang wajib dibawa.

Persiapan Penting Saat Berkemah di Pegunungan

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan saat mau berkemah di pegunungan? Berikut adalah beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan agar aman dan nyaman saat camping di daerah pegunungan.

1. Melakukan Observasi Tempat

Sebelum berkemah, kamu harus memastikan dahulu lokasi yang akan kamu datangi. Jangan berkemah di daerah yang rawan banjir atau lahar dari gunung api karena bisa membahayakan diri sendiri dan teman-teman kamu. Untuk itu, lakukanlah observasi kecil-kecilan dahulu sebelum berangkat ke tempat tujuan demi keamanan.

2. Memahami Kondisi Cuaca

Kamu harus memahami kondisi cuaca serta mengetahui informasi tempat medis terdekat dan pusat dukungan jika kamu menemui masalah saat perjalanan nanti. Kemana pun kamu pergi, kamu harus memeriksa kondisi cuaca sebelum memulai perjalanan, jika kondisi cuaca buruk sebaiknya kamu harus menggagalkan rencana perjalanan tersebut.

3. Menyiapkan Pakaian

Wisatawan sering membawa banyak jenis pakaian ketika bepergian. Kamu harus mempersiapkan pakaian yang cukup untuk perjalanan. Membawa beberapa kemeja tipis dan beberapa mantel untuk menghindari serangga , membawa syal untuk mengahangatkan tubuh ketika suhu turun di malam hari. kamu disarankan untuk memilih sepatu yang lembut, yang dapat menyerap keringat untuk naik ke pegunungan.

4. Tenda dan Sleeping Bag (Kantong Tidur)

Rumah dan tempat tidur untukmeneman perjalanan kamu ke gunung adalah tenda dan sleeping bag untuk menghindari matahari, hujan dan serangga serta membuat tidur kamu jadi lebih aman dan nyaman. Sebelum menyewa atau membeli sleeping bag, kamu harus mempertimbangkan penggunaan mereka dan memahami ukuran, model, bahan dan suhu yang ditulis pada kantong tidur.
Saat ini ada berbagai macam tenda dan sleeping bag, bagaimanapun, kamu harus memilih sebuah tenda yang kedap air dan dapat mencegah dari serangan serangga atau hewan lainya.

5. Makanan dan Minuman

Untuk perjalanan berkemah yang sempurna, kamu harus menyiapkan makanan dan minuman yang diperlukan. Bawa air tawar yang cukup agar kamu tidak kehabisan air saat berkemah.

Untuk satu hari perjalanan, kamu harus membawa roti, sosis,sarden atau daging kaleng lainya, mie instan, keju, coklat, permen, air tawar dan makan cepat saji lainya. Namun, jika perjalanan lebih dari 2 atau 3 hari, sebaimnya kamu harus mempersiapkan lebih banyak makanan dan peralatan memasak seperti kompor, pan, mangkuk, sumpit dan daging.

6. Barang-barang yang diperlukan

Ketikaberkemah, kamu harus membawa barang-barang pribadi yang digunakan sehari-hari seperti sikat gigi, pasta gigi,sabun, shampoo, sisir kecil dan cermin jika diperlukan.

Selain itu, kamu juga harus membawa keperluan lainnya seperti kayu kering, korek api, kain, jas hujan, pisau, senter, cangkir plastik, lotion pengusir nyamuk. dll. Dan jangan lupa membawa gadget untuk mengabadikan momen-momen menyenangkan saat prajalanan dan berkemah, lihat artikel gadget yang wajib dibawa saat traveling.

7. P3K dan Obat-Obatan


Selain tenda, pakaian, makanan dan barang-barang, perlengkapan P3K dan obat-obatan jangan sampai ketinggalan untuk dibawa. Ketika sedang berada di alam terbuka hal apapun bisa saja terjadi, seperti luka gores, lecet, dan memar. Dalam hal inilah  perlengkapan P3K akan sangat berguna.

Obat-obatan yang sebaiknya dibawa saat piknik yaitu obat antimabuk perjalanan,obat mag dan diare,obat antinyeri,obat alergi dan obat khusus pribadi bagi kamu yang memiliki penyakit khusus.

Itulah 7 persiapan yang sebaiknya kamu lakukan sebelum pergi berkemah. Namun, yang lebih penting dari persiapan diatas adalah kamu harus menyiapkan fisik. Pastikan kondisi kamu sehat pada saat itu agar camping terasa menyenangkan.

Artikel Terkait