8 Makanan untuk Kesehatan Mata Kamu

updateinformasi.web.id - Apakah kamu tau, makan-makanan terbaik untuk menjaga dan menyehatkan mata kamu? Selain wortel, masih banyak lagi loh makanan yang bisa membantu menjaga kesehatan mata kamu, ayoo cari tau buah yang mengandung vitamin A terbanyak.

Jangan cuma tahu wortel saja, belajar dan cari tahu makanan lainya yang bisa meningkatkan kesehatan mata dan membantu melindungi dari berbagai penyakit yang membahayakan penglihatan seperti rabun, minus, katarak dan penyakit yang berhubungan dengan mata lainya.

Makanan untuk Kesehatan Mata

Inilah Daftar Makanan untuk Kesehatan Mata


1. Ikan

Ikan air dingin seperti salmon, tuna dan sarden kaya omega-3 asam lemak, kandungan tersebut dapat membantu melindungi mata kering dan juga mencegah katarak.

Jika kamu tidak suka makan-makanan laut, kamu bisa mengkonsumi makanan lain yang masih mengandung  omega-3,  seperti menggunakan suplemen minyak ikan atau mengambil suplemen vegetarian yang mengandung minyak biji kismis hitam.

2. Telur

Vitamin dan nutrisi dalam telur, termasuk lutein dan vitamin A (yang dapat melindungi mata terhadap kebutaan dan mata kering), meningkatkan kesehatan mata dan fungsi mata.


3. Biji-bijian Utuh

Beras merah, gandum utuh dan roti gandum dan pasta. Memiliki kandungan Vitamin E, zinc dan niacin yang ditemukan dalam biji-bijian tersebut, hal ini bisa membantu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan.

3. Buah Jeruk dan Berries

Jeruk, grapefruits, lemon dan berry tinggi akan vitamin C, yang dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi macula

4. Buah Berwarna dan Sayuran


Makanan seperti wortel, paprika, stroberi, labu, jagung, tomat dan blewah merupakan sumber yang sangat baik, kaya akan vitamin A dan C. Terdapat juga karotenoid  yang bisa membantu mengurangi risiko berbagai penyakit mata

Dan karotenoid - senyawa yang memberikan buah-buahan dan sayuran pigmen kuning, oranye dan merah ini - diperkirakan membantu mengurangi risiko berbagai penyakit mata..

5. Kacang-Kacangan

Kacang polong, kacang merah, dan lentil merupakan sumber yang baik dari bioflavonoid dan dapat membantu melindungi retina dan menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.

6. Minyak Ikan, Minyak biji Rami dan Minyak Biji Kismis Hitam

Suplemen Super mengandung asam lemak omega-3 dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata, termasuk membantu mencegah atau mengendalikan sindrom mata kering serta mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

7. Biji Bunga Matahari

Membantu menjaga mata kamu tetap sehat dan bebas dari penyakit , cobalah  mengemil biji bunga matahari, biji bunga matahari merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin E dan zinc.

8. Tomat

Tomat merupakan sumber yang sangat baik untuk mata yang memiliki kandungan vitamin C, produk olahan tomat atau tomat segar dimakan secara langsung dengan sedikit minyak zaitun akan membantu meningkatkan penyerapan lycopene.


Makanan sehat memang baik untuk seluruh tubuh kita - terutama untuk mata,  jaga kesehatan mata secara alamai dengan daftar makanan-makanan sehat untuk mata yang sudah saya sebutkan diatas.

Artikel Terkait