3 Dampak Buruk Jika Makan Larut Malam

UpdateInformasi.web.id - Kebanyakan orang sudah terbiasa makan waktu larut malam ( di atas jam 8 malam ). Dalam beberapa kasus, makan pada jam-jam malam juga tidak semuanya berbahaya, bahkan dapat membantu. Jumlah maakan-makanan yang berlebihan dan mengonsumsi makanan tertentu, bagaimanapun, dapat menyebabkan masalah.

Mengkonsumsi sebagian besar kalori Anda pada siang hari, dalam bentuk makanan seimbang atau makanan ringan, mempromosikan tingkat energi positif, mengendalikan nafsu makan dan kesehatan secara keseluruhan. Ketika Anda resor untuk makan larut malam, lebih baim memilih makanan ringan yang bergizi, seperti biji-bijian, buah-buahan atau sayuran.

Dampak Buruk Makan Larut Malam

Inilah dampak buruk jika makan sudah larut malam


1. Dampak Pada Kualitas Tidur

Jika Anda merasa lapar selama jam malam, snack sehat atau makanan ringan dapat membantu Anda tidur. Bila Anda lapar di malam hari, makan makanan ringan yang sehat, seperti oatmeal dengan susu rendah lemak, dan menghindari makanan besar dan makanan pedas, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu tidur.

Hindari makanan yang mengandung cairan, seperti sup dan milkshake, untuk menghindari rasa ingin terus ke kamar mandi . makanan berkafein dan minuman, seperti cokelat, kopi, minuman energi dan berbagai makanan diet-meningkatkan energi, dapat membuat Anda sulit untuk tertidur ( Insomnia ) dan menyebabkan waktu siang hari merasa kepeningan atau pusing.

2. Dampak Pada Berat Badan

Umumnya yang kita ketahui dampak makam larut malam adalah menyebabkan berat badan, makan makanan tertentu pada malam hari dapat menyebabkan peningkatan berat badan, menurut ahli gizi Erica Blackburg. Dalam sebuah wawancara dengan ABC News yang dipublikasikan secara online pada Februari 2003, Blackburg menjelaskan bahwa orang sering resor untuk mengobati makanan di jam malam, seperti es krim atau keripik. Karena makanan ini padat kalori dan rendah nutrisi.

Makan makanan padat kalori di malam hari dapat meningkatkan kesehatan Anda jika Anda underweight karena sakit, perawatan medis atau nafsu makan berkurang. Jika hal ini terjadi, memilih makanan padat kalori yang sehat, seperti kacang-kacangan, alpukat atau keju, lebih dari makanan ringan olahan.

3. Dampak Mulas dan Asam Lambung

Refluks asam adalah kondisi umum di mana asam lambung bergerak kembali ke kerongkongan Anda setelah makan. Ini sering menyertai mulas, atau terbakar atau nyeri ketat di bawah. Meskipun sesekali, refluks asam dan mulas gejala ringan, gejala yang berulang dapat menunjukkan gangguan pencernaan kronis, penyakit refluks GERD-gastroesophageal.

Berbaring setelah makan dapat memicu refluks asam dan gejala GERD lainnya, menurut Penyakit Nasional Pencernaan Informasi Clearinghouse. Makan berlebihan atau makan tinggi lemak, berminyak atau asam makanan, seperti produk tomat, pada malam hari meningkatkan risiko ini. Untuk alasan ini, Anda bisa mendapatkan manfaat dari menghindari larut malam makan jika Anda rentan terhadap refluks asam atau mulas.

Jam berapa waktu yang baik untuk makan malam ?


Sebaiknya makan malam Anda paling lambat pada pukul 20.00 dan usahakan makan 3 jam sebelum tidur, memberikan jeda makan malam dengan waktu tidur. Jika setelah makan kemudian Anda langsung tidur dapat menyebabkan asam lambung naik seperti yang telah dijelaskan di atas, sangat tidak baik bagi tubuh.

Artikel Terkait