5 Cara Menurunkan Panas Demam Anak Secara Alami

Tags

updateinformasi.web.id - Tubuh anak panas atau demam merupakan masalah kesehatan umum yang disebabkan oleh paparan suhu tinggi. Hal ini terjadi ketika tubuh anak / bayi Anda tidak mampu mendinginkan diri untuk menjaga suhu dalam kisaran normal 36,5-37,5 derajat Celcius 97,7-99,5 derajat Fahrenheit.

Panas pada anak bukanlah penyakit yg serius tetapi harus segera diobati, jangan dianggap enteng. Jika tidak diobati, dapat berkembang menjadi heatstroke.

Panas ini menyebabkan tubuh menjadi lemah, lesu, pusing, sakit kepala, mual, keringat berlebihan dan detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Serta, sering disertai dehidrasi.


Faktor-faktor penyebab panas pada anak

Faktor berikut bisa menyebabkan panas pada Anak anda: Cuaca yang sangat panas, lembab, dan menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari, memakai pakaian ketat, latihan yang berat atau bahkan latihan fisik. Faktor tersebut dapat menyebabkan atau memperburuk masalah pada suhu tubuh.

Tubuh biasanya akan dingin oleh keringat, tapi kadang-kadang berkeringat saja tidak cukup dan suhu  pada anak akan terus meningkat.

Namun, ada beberapa cara mengurangi demam yang benar-benar alami dan mudah-mudahan bisa membantu anak Anda merasa sedikit lebih nyaman sehingga ia bisa beristirahat dengan tenang.

Berikut adalah 5  cara menurunkan panas anak Anda


1. Kompres dengan Air Hangat

Air hangat membantu mengurangi panas tubuh. Hal ini juga membantu suhu tubuh cepat turun dari dari suhu tinggi.

Air hangat dapat membuat pembuluh darah meluas, sehingga pori-pori pada kulit akan terbuka dan  panas yang terperangkap didalam tubuh bisa menguap keluar.

Beberapa saran dari artikel kesehatan dari web/blog terpercaya yang pernah saya baca, lebih baik kompres menggunakan air hangat dibandingkan menggunakan air dingin.

2. Minum Air Kelapa 

Air kelapa adalah cara lain yang sangat efektif untuk membantu mengobati dan menunrukan panas. Komposisi elektrolit yang sangat baik pada air kelapa untuk mengembalikan dehidrasi tubuh. Serta, mengembalikan energi buah hati Anda.

Minum segelas air kelapa beberapa kali sehari hingga panas anak Anda turun.

3. Minum Teh Jahe

Teh jahe dapat membantu menurunkan demam. Ini juga bagus untuk mengobati sakit perut,buatlah teh dengan parutan jahe yang segar. Jika anak Anda lebih satu tahun, tambahkan juga setetes madu.

4. Menggunakan Bawang Merah

 Bawang merah bisa membantu menurnkan panas anak, dari jaman dahulu nenek moyang kita sering menggunakan bawang merah sebagai obat penurun panas yang alami.

Anda bisa mempraktekannya dengan cara melembutkan bawang merah, kemudian oleskan ke tubuh anak pada bagian punggung, jidad, perut, leher serta telapak tangan dan kaki.

5. Menggunakan Minyak zaitun

Cobalah menggunakan minyak zaitun, panaskan 2 sendok makan minyak zaitun (tidak terlalu panas) dan tambahkan 2 siung bawang putih yang sudah dilebutkan. Masukkan ke dalam mangkuk, kemudian, oleskan padatelapak tangan dan kaki.

Bawa ke dokter jika panas pada anak Anda mengalami tanda/gejala berikut :


  • Demam di atas 105 derajat Fahrenheit.
  • Demam pada anak-anak yang berlangsung lebih dari 3 hari.
  • Terus-terusan muntah, sakit kepala parah, leher kaku, les.

Demam pada bayi berusia lebih muda dari 3 bulan lebih disarankan untuk langsung membawanya ke dokter.

Semoga artikel singkat cara menurunkan panas, demam anak ini bisa membantu Anda untuk menurunkan suhu tubuh dan segera sembuh. Ingat!  ini hanya pengobatan rumah, Silahkan kunjungi dokter jika panas tidak turun.

Artikel Terkait