6 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube, untuk Pemula

updateinformasi.web.id - Apakah kamu tertarik untuk belajar bagaimana cara mendapatkan uang dari internet melalui YouTube? di bawah ini saya akan membahas enam cara yang sudah terbukti dan bisa dipraktekan oleh pemula sekalipun untuk menghasilkan uang online dari YouTube.

YouTube merupakan situs untuk berbagi video,seluruh pengguna youtube dapat meng-upload, melihat dan berbagi video secara gratis.

YouTube telah menarik lebih dari 1 miliar pengguna setiap bulan nya, ini merupakan audiens yang sangat besar.  Jadi, jika kamu ingin mendapatkan uang online, salah satu cara untuk mencapai mimpi tersebut adalah menjadi seorang YouTuber.


Mungkin buat pemula yang belum terlalu kenal dengan youtube sedikit bertanya-tanya, bagaimana bisa menghasilkan uang dengan mengupload video di Youtube, berikut penjelasannya.

Prosesnya hampir sama seperti blog atau website, kalau di blog menulis artikel sedangkan di YouTube membuat video. Keduanya sama-sama harus membangun konten yang berkualitas dan menarik.

Di YouTube kamu dapat memonetisasi video menggunakan strategi seperti yang diterapkan pada blog;  Bisa dengan cara memasang iklan dari google adsense, promosi afiliasi pemasaran, review produk dan masih banyak cara lainya.

Sekarang lihat gambar dibawah ini.
Proses Mendapatkan Uang dari youtube
Creator membuat dan upload video ke youtube > pengguna youtube lainya akan melihat video kamu > Nah, dari viewers yang banyak akan mendapatkan uang bisa dari Google Adsense atau pengiklan lainya. Seperti itu gambaran singkatnya.

Sama seperti blog, kamu akan memerlukan traffik  yang tinggi untuk mendapatkan uang dengan jumlah yang banyak, semua itu dilakukan secara bertahap dan penuh kesabaran. Oke, setelah sedikit berbincang-bincang sedikit mengenai youtube, selanjutnya saya akan membahas 6 cara mendapatkan uang dari youtube.

6 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube – Panduan untuk Pemula


Cara yang akan saya sarankan ini dilakukan secara bertahap berdasarkan tingkat kepopuleran channel youtube yang kamu buat. Oke, mari kita mulai.

1. Google Adsense

Kamu pasti pernah melihat atau menonton video di YouTube dan dalam video tersebut muncul iklan disaat pembukaan video, itu merupakan salah satu sumber penghasilan para youtuber.

Yups! sama seperti blog, dalam video youtube terdapapat fitur iklan yang bisa dimunculkan dibagian awal tengan dan akhir video. Dengan cara memonetisasi video tersebut, menampilkan iklan sebelum atau selama video berjalan adalah cara yang paling efektik untuk mendapatkan jumlah klik yang banyak. Semkin banyak iklan yang diklik oleh penonton maka semakin banyak juga penghasilan yang di dapatkan.

Untuk memulai menggunakan  youtube dan mendapatkan uang hari demi hari, kamu harus daftar dan mengaktifkan akun Youtube dengan akun google, daftar dan buat channe lalu upload video original yang kamu punya ( setidaknya terdapat 10 video original ).

Langkah berikutnya adalah mendaftar Google Adsense , google adsense adalah salah satu sumber pendapatan yang bisa kamu dapatkan dari video yang sudah di upload. Agar mudah mendaftar dan cepat diterima oleh Google Adsense, upload video original minimal durasi 10 menit ( 10 video sudah cukup sebagai persyaratan daftar adsense )

2. Link Afiliasi

Selain mendapatkan penghasilan dari iklan Google Adsense, kamu juga bisa memanfaatkan deskripsi yang ada dibagaian bawah video, caranya dengan menambahkan link afiliasi dalam deskripsi .

Strategi ini bekerja cukup baik, jika video yang kamu buat tentang review sebuah produk seperti laptop, smartphone, ebook dan produk lainya. Ini sangat bagus untuk memikat para pegunjung.

Kamu akan mendapatkan komisi setiap kali pengunjung mengunjungi URL link afiliasi dan melakukan pembelian atau transaksi hingga deal.

3. Jual Iklan Pribadi


Jika video yang kamu upload sudah terkenal dan sudah banyak subscriber ( pengikut channel ), kamu  dapat mengabaikan Google Adsense dan mulai menjual iklan secara langsung kepada pengiklan sebagai gantinya.

Namun, kamu harus bekerja keras mencari pengiklan dengan cara menawarkan ke berbagai media, ini sedikit sulit jika channel  yang kamu bangun belum cukup terkenal.

Iklan pribadi biasanya dibayar lebih mahal jika dibandingkan dengan Google Adsense. Kamu dapat menjual iklan pribadi sebanyak $ 50 per 1000 tampilan sedangkan iklan Adsense biasanya membayar sekitar $ 10 per 1000 tampilan.

4. Dibayar Ulasan

Kamu juga dapat mendapatkan uang dari YouTube dengan cara memproduksi sebuah video yang didalamnya terdapat ulasan produk  yang diinginkan oleh klien, mungkin sama seperti endors.

Akan tetapi, kamu harus sangat berhati-hati dalam memproduksi video, karna didalam channel yang kamu buat susah payah itu terdapat ratusan hingga ribuan subscriber yang ingin terus melihat karya video kamu.

Jika kamu membuat video yang terlalu fokus kepada ulasan produk pengiklan , ini dapat mempengaruhi reputasi yang negatif dan membuat pengikut setiamu akan melakukan dissubscribe. Jadi, tetaplah membuat karya video yang kreatif dan bermanfaat untuk pengikut setiamu walaupun didalamnya terdapat sebuah ulasan.

5. Mempromosikan Produk atau Jasa Sendiri

Jika kamu menjalankan bisnis seperti menawarkan produk-porduk atau layanan tertentu didalam video, kamu dapat memikat lebih banyak pelanggan dengan membuat video yang mempromosikan produk dan meng-uploadnya di channel kamu.

Setelah lama membangun dan mempunyai reputasi  channel yang sangat baik, membuat video berupa promosi produk atau jasa sepertinya tidak akan membuat marah pengikut, malah kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih dari hasil pembelian.

6. Jual Channel YouTube

Sama seperti seorang blogger dapat memutuskan untuk menjual blog setelah blognya tumbuh dengan pupularitas yang cukup tinggi, kamu juga dapat memutuskan untuk menjual channel YouTube yang sudah memiliki banyak pelanggan atau menghasilkan lalu lintas mesin pencari yang tinggi.

Tapi ingat, channel yang kamu jual sebaiknya tidak ada video yang ada kaitanya dengan kepribadian. Misalnya video vlog, story, curhatan pribadi dan masih banyak lagi yang sifatnya pribadi. Hal ini untuk menjaga nama baik dan menghindari hal-hal negatif lainya.


Note


Perlu kamu ketahui menjadi seorang youtuber itu harus percaya diri saat berbicara dan bertatap muka dengan kamera, memiliki ide-ide kreatif dan kalau bisa pintar dalam hal editing video. Jika kamu tidak mempunyai kemampuan tersebut, ini akan sedikit sulit untuk memulainya.

Mungkin sebaiknya kamu cari alternatif lain mencari uang di internet, seperti menjadi penulis lepas di situs menulis artikel online yang dibayar lumayan mahal per-artikelnya.

Oke, mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan berkomentar, kita diskusikan dibawah sampai kamu mengerti.

Artikel Terkait