5 Cara Mudah Atasi Mendengkur Saat Tidur

updateinformasi.web.id - Mendengkur dapat dialami oleh siapa saja, pria ataupun wanita. Tetapi menurut penelitian mendengkur banyak dialami oleh pria dibandingkan wanita. Mendengkur menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu bagi yang mendengar. Apalagi pasangan kamu harus beraktivitas besok pagi dan malamnya terganggu tidurnya karena kamu mendengkur, kasihan bukan?



Mendengkur juga disebabkan karena beberapa hal, yaitu:

  1. Tidur telentang.
  2. Berat badan yang berlebih.
  3. Merokok.
  4. Mengkonsumi alkohol.
  5. Mempunyai masalah di pernafasan.

Bagi kamu yang mendengkur saat tidur, kami punya beberapa tips untuk mencegah kamu mendengkur saat tidur, berikut tipsnya:

1. Hirup Uap Air Hangat

Menghirup uap air hangat dapat membantu mencegah mendengkur, karena uap air hangat akan memperlancar jalur pernafasan kamu. Hiruplah uap air hangat selama 5-10 menit sebelum kamu tidur.

2. Jangan mengkonsumsi alkohol

Selain merusak organ dalam tubuh, alkohol juga menjadi penyebab kamu mendengkur. maka dari itu hindari mengkonsumsi alkohol 3 jam sebelum kamu tidur.

3. Tidur dengan posisi menyamping

Tidur telentang dapat menyebabkan mendengkur karena langit-langit pangkal lidah menutupi dinding tenggorokan yang menyebabkan mengeluarkan suara saat tidur. Untuk mencegah hal ini, kamu bisa tidur dengan posisi menyamping.

4. Cukupi waktu tidur

Kamu terlalu sibuk dengan kegiatan kamu sehari-hari sehingga waktu tidur kamu sangat minim, ini juga menyebabkan saat kamu mendengkur saat tidur. Karena pada saat kamu sudah sangat lelah kondisi otot-otot akan tidak tegang dan menyebabkan kamu mendengkur.

5. Turunkan berat badan

Tidak semua orang yang berbadan gemuk mendengkur, orang yang kurus pun juga banyak yang mendengkur. Tetapi jika awalnya kamu tidak mendengkur, kemudian terjadi penambahan berat badan dan akhirnya kamu mendengkur. Kamu harus segera menurunkan berat badan kamu, supaya kamu tidak mendengkur lagi saat tidur.


Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan, jika cara ini belum bisa menghilangkannya, maka segeralah berkonsultasi lebih lanjut kepada ahlinya. Sekian dari saya. Terima kasih.

Artikel Terkait